modul dewa89s pertemuan ix

KOMUNIKASI DATA DAN JARINGAN KOMPUTER SISTEM KOMUNIKASI DATA Komponen-komponen penting yang menyusun sistem komunikas...

0 downloads 35 Views 683KB Size
KOMUNIKASI DATA DAN JARINGAN KOMPUTER

SISTEM KOMUNIKASI DATA

Komponen-komponen penting yang menyusun sistem komunikasi data, antara lain : 1. Komputer untuk memproses data 2. Terminal atau peralatan masukan/keluaran untuk mengirim atau menerima data 3. Media transmisi (media yang menghubungkan antara pengirim dan penerima) 4. Prosesor komunikasi, yang mendukung pengiriman atau penerimaan data via media transmisi 5. Perangkat lunak yang mengontrol kegiatan pertukaran informasi

MACAM ISYARAT

Data/informasi yang disampaikan melalui media transmisi berwujud isyarat listrik. Macam isyarat yang melalui media transmisi tersebut dapat berupa : • Isyarat analog • Isyarat digital

Isyarat Analog

Isyarat Digital

PROSESOR KOMUNIKASI Prosesor Komunikasi adalah : Peranti yang bertindak untuk melewatkan data/informasi ke media transmisi atau menerima informasi dari media transmisi.

Modem

Modem

Modem mengubah isyarat dari digital ke analog atau sebaliknya

ARAH TRANSMISI Arah transmisi menyatakan arah isyarat dalam media transmisi. Mode transmisi dapat berupa : • Simplex • Half-duplex • Full-duplex Transmisi simplex Pada metode transmisi simplex, dalam jalur atau media transmisi berjalan satu arah. Transmisi Half-duplex Media transmisi yang bersifat half duplex (HDX), mendukung pengiriman isyarat dengan dua arah, tetapi tidak dalam waktu yang bersamaan. Transmisi Full-duplex Adalah metode transmisi Full-duplex (FDX) adalah metode transmisi yang memungkinkan isyarat berjalan dalam dua arah pada waktu yang bersamaan.

MEDIA BERKABEL

Media berkabel menyatakan media transmisi yang menghubungkan pengirim dan penerima yang secara fisik berupa kabel. Yang termasuk media kategori ini: • Kabel pasangan terpilin (twisted pair) • Kabel koaksial coaxial cable atau coax) • Kabel serat optik

KABEL PASANGAN TERPILIN Kabel pasangan terpilin biasa disebut dengan kabel telepon, karena kabel ini biasa dipakai sebagai penghubung pesawat telepon dengan jalur telepon. Kabel ini umumnya terdiri atas 2 atau 4 pasang kabel yang diselubungi insulator. Macam-macam kabel pasangan terpilin : • UTP (unshielded twisted pair) • STP (shielded twisted pair)

KABEL KAOKSIAL Mengandung penghantar yang terbuat dari tembaga pada bagian inti. Penghantar ini diselubungi dengan penyekat (insulator). Penyekat ini diselubungi dengan anyaman kawat, anyaman kawat dibungkus dengan penyekat. Kabel koaksial biasa digunakan untuk koneksi jaringan lokal (LAN), koneksi TV kabel, dan antena TV.

KABEL SERAT OPTIK Kabel serat optik membawa isyarat data dalam bentuk berkas cahaya. Kabel ini biasa digunakan pada LAN berkecepatan giga per detik. Sistem serat optik memiliki tiga komponen, yaitu : • Sumber cahaya • Media transmisi • Detgektor cahaya

MEDIA TAK BERKABEL Media tak berkabel adalah media transmisi yang tidak menggunakan kabel. Media tak berkabel terdiri dari : • Mikrogelombang • Gelombang Radio • Satelit • Inframerah

Mikrogelombang Mikrogelombang adalah bentuk gelombang radio yang menggunkana frekuensi tinggi (dalam satuan gigahertz), Mikrogelombang banyak dipakai di lingkungan MAN (metropolitan area network) dan pada warnet, yakni untuk menghubungkan warnet dengan penyedia layanan internet (ISP)

Gelombang Radio Transmisi gelombang radio dapat digunakan untuk mengirimkan suara ataupun data melalui udara. Frekuensi yang digunakan berkisar antara 3 KHz sampai dengan 300 GHz. Kelebihan adalah pengiriman isyarat dapat dilakukan dengan sembarang posisi dan dimungkinkan dengan posisi yang bergerak. Kelemahannya adalah kemudahan terinferensi oleh pantulan dari bumi, air, alam, dan bahkan objek-objek buatan manusia seperti pesawat terbang.

Satelit Satelit bertindak sebagai stasiun yang berada di angkasa, dengan ketinggian kira-kira 480- 22.000 mil di atas [ermukaan bumi. Satelit ini mengitari bumi per jam 24 jam.Satelit manangkap isyarat yang berasal dari stasiun bumi pengirim dan kemudian memancarkan kembali ke stasiun bumi penerima.

Tiga macam satelit berdasarkan posisi orbit Pernyataan

Keterangan

GEO (geostationary earth orbit)

22.300 mil di atas permukaan bumi

MEO (medium earth orbit)

6.000 mil di atas garis khatulistiwa

LEO (low earth orbit)

400-1000 mil di atas permukaan bumi

Transmisi Inframerah Inframerah biasa digunakan untuk komunikasi jarak dekat. Pengendalian yang umum yaitu untuk pengendalian jarak jauh (remote control) terhadap televisi, dan peralatan audio-video.

Keuntungan inframerah, antara lain : • Mudah dibuat dan murah • Kebal terhadap interferensi radio dan elektromagnetik • Menyediakan lebar jalur yang besar • Instalasi mudah • Mudah untuk dipindah – pindahkan • Tak perlu lisensi atau izin dari pemerintah • Keamanan inframerah lebih tinggi dari pada gelombang radio

Kelemahannya, antara lain : • Jarak terbatas • Tidak dapat menembus dinding • Harus ada lintasan lurus dari pengirim dan penerima • Tidak dapat digunakan di luar ruangan, karena akan terganggu oleh cahaya matahari

PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER Yang disebut jaringan komputer (computer network) atau sering disingkat dengan jaringan saja adalah hubungan dua buah simpul (umumnya berupa komputer) atau lebih yang tujuan utamanya adalah untuk melakukan pertukaran data. Modem A PC

C CD-ROM drive Printer

D Jaringan memungkinkan berbagi data, CD-ROM drive, modem, dan printer

Jaringan Menurut Rentang Geografis Local Area Network (LAN) LAN adalah jaringan komputer yang mencakup area dalam satu ruang, satu gedung, atau bebrapa gedung yang berdekatan.

Ruang 1

Ruang 2

Jaringan Lokal atau LAN

Metropolitan Area Network (MAN) MAN adalah jaringan yang mencakup area satu kota atau dengan rentang sekitar 10 – 45 km.

1 kota

MAN - Jaringan dalam satu kota

Wide Area Network (WAN) Jaringan yang mencakup antarkota, antarprovinsi, antarnegara, dan bahkan antarbenua disebut dengan WAN.

Topologi Jaringan Topologi jaringan menyatakan susunan komputer secara fisik dalam suatu jaringan. Secara garis besar dapat dibagi menjadi tiga : bus, cincin, dan bintang.

Topologi Bus Topologi ini semua simpul (umumnya komputer) dihubungkan melalui kabel yang disebut Bus. Kabel yang digunakan adalah kabel koaksial.

Bus

Topologi Bus

Kelemahan dan kelebihan topologi bus : Kelemahan Jika kabel utama (bus) putus, maka 1. semua komputer tidak boisa saling 2. berhubungan 2. Jika kabel sangat panjang dan terdapat gangguan, pencarian penyebab masalah menjadi sangat sulit 3. Jika banyak komputer yang aktif (mengirimkan pesan) akan sering terjadi tabrakan sehingga mengakibatkan kecepatan pengiriman data menjadi pelan. 1.

Kelebihan Instalasi mudah Biaya murah

Topologi Cincin (Ring) Informasi dikirim oleh sebuah komputer akan dilewatkan ke media transmisi, melewati satu komputer ke komputer berikutnya.

Kelemahan topologi cincin terletak pada kegagalan salah satu simpul. Jika ada satu simpul yang mengalami kegagalan, maka semua hubungan terputus.Topologi ini biasa digunakan pada LAN.

Topologi cincin

Topologi Bintang (Star) Pada topologi ini terdapat komponen yang bertindak sebagai pusat pengontrol. Semua simpul yang hendak berkomunikasi selalu melalui pusat pengontrol tersebut. Dalam hal ini, pusat pengontrol berupa Hub atau switch

Hub

Topologi Bintang